Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Tematik Melalui Penerapan Model SQ3R pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga

Mae saroh, Henny Dewi Koeswanti, Elvira Hoesein Radia

Abstract


Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik kelas IV SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga dalam mempelajari materi tematik adalah memahami isi bacaan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan memahami materi tematik adalah model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review). Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model SQ3R. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga. Penelitian dirancang dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model SQ3R dalam pembelajaran  pada materi tematik, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari masing-masing siklus, yaitu pada siklus I sebesar 66,95 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,05%; pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 73,78 dengan ketuntasan klasikal 87,80%. Saran yang dapat dikemukakan adalah hendaknya metode ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dan diharapkan perlu kajian-kajian penelitian lebih lanjut untuk menyempurnakan penelitian ini, sehingga lebih bermanfaat bagi peningkatan hasil belajar peserta didik. 


Full Text:

PDF

References


Anni. 2011. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dewi R.S.K. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Dimyati & Mudjiono, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Hermawan. 2011. Penerapan Model SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Herry. A. 2011. Mengembangkan Pengertian Model SQ3R.Jakarta: Rineka Cipta.

Khanafiyah, S. & Handayani, L., 2012. Penerapan model SQ3R dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar fisika pokok bahasan tata surya pada siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2).

Koeswanti H.D. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Kooporatif dalam Pembelajaran Keterampilan menulis Karya Ilmiah Mahapeserta didik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis. Salatiga: UKSW.

Nurhadi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Mendggunakan Model SQ3R. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dikti, Depdikbud.

Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dikti, Depdikbud.

Rosi Widowati. 2010. Penggunaan Model Survey, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas VIII SMP NU 01 Muallimin Weleri Tahun Pelajaran 2006/2007.

Rusman. 2010 Membuat Peserta didik Aktif Belajar. Bandung: Mandar Maju

Solihatin & Rahajo. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooporatife. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Solihatin dan Raharjo, 2011. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Solihatin. 2011. Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi kompetensi dasar menghitung mutasi dana kas kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10.1.

Sugandi, dkk. 2014. Media Pembelajaran: Raja Grafindo Persada.

. 2014. Tujuan Pembelajaran: Jakarta. PT. Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2010. Media Pembelajaran: Raja Grafindo Persada.

Syah. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Tabrani. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model SQ3R.Jakarta.PT Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAX HUMANA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN Cetak : 2337-3512 || ISSN Online : 2548-3021

Tim OJS Pax Humana 2016


Google Scholar


Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Lisensi Creative Commons